5 minuman kehas indonesa

1. Aia Kawa dari Padang Sumatera Barat






Aia Kawa dari Padang Sumatera Barat
Aia Kawa dari Padang Sumatera Barat
Aia kawa merupakan minuman tradisional khas Indonesia dari daun kopi yang diseduh seperti teh. Daun kopi lokal pilihan awalnya dikeringkan dengan cara disangrai selama 12 jam. Saat akan diminum, daun kering ini dicampur dengan air dingin, lalu diseduh dengan air mendidih. Minuman berasal dari Padang, Sumatra Barat.



Caranya mudah untuk membuat minuman khas tanah datar ini. Caranya Didihkan 150ml air dan tuangkan kedalam cangkir, lalu celupkan 1-2 kantong Kopi Kawa Daun ke dalam cangkir, tambahkan gula sesuai selera dan biarkan selama 5 menit. Membuat minuman ini sama dengan membuat minuman teh.

2. Sekoteng Minuman Tradisional Khas Jawa Tengah.


Sekoteng merupakan minuman tradisional yang populer di Jawa Tengah. Sekoteng berasal dari jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potonganroti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari.
Saat ini tidak banyak yang menjual minuman sekoteng, biasanya di tempat tertentu saja di malam hari.

3. Bajigur Minuman Khas Jawa Barat.


Bajigur adalah minuman tradisional khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Minuman ini berbahan gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili. Seiring dengan perkembangan zaman sekarang sudah ada yang menyediakan berupa kemasan.

Karena rasa yang khas minuman ini banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan, bahkan dari wisatwan yang tidak hanya dari dalam negeri saja, tetapi ada juga yang berasal dari luar negeri seperti negara tetangga Malaysia.

4. Bir Pletok Minuman Khas Betawi Jakarta.


Bir Pletok merupakan minuman tradisional yang segar yang terbuat dari campuran beberapa rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman khas ini dikenal di masyarakat Betawi. Semakin modern minuman khas betawi Jakarta ini sekarang sudah mulai naik kelas, dan akan mudah di dapat di pusat oleh-oleh khas Jakarta.

5. Wedang Angsle Minuman Khas Jawa Timur.


wedang angsle minuman khas jawa timur
wedang angsle minuman khas jawa timur
Wedang Angsle merupakan minuman khas dari Jawa Timur. Jika pembaca berkunjung jangan sampai lupa untuk mencoba kuliner khas yang berupa minuman hangat yang bernama wedang Angsle. Minuman seperti ini biasanya cocok dihidangkan ketika malam.
Wedang ini memiliki rasa khas dan memiliki bahan-bahan yang beraneka macam seperti roti tawar, terdapat juga ketan kukus, lalu kacang hijau, dan putu mayang (petulo). Bahan-bahan tadi diberikan kuah yang terbuat dari santan dan jahe.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Wisata Kuliner - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger