Tutug Oncom



Oncom sendiri ialah santapan khas Jawa Barat, begitu pula dengan olahan yang menjadikan oncom bagaikan bahan dasar, ialah tutug oncom ataupun sangu tutug oncom. Umumnya orang- orang hendak memanggilnya dengan istilah nasi T. O yang sesungguhnya merupakan singkatan dari nama panjangnya.

Cocok dengan sebutannya, tutug yang berarti menumbuk, tutug oncom terbuat dari oncom yang dicampur aduk ataupun ditumbuk halus dengan nasi. Tetapi saat sebelum dicampur, oncom wajib terlebih dulu digoreng ataupun terbakar supaya lezat buat disantap.

Meski oncom lebih diketahui oleh warga Bandung, tetapi masyarakat Tasikmalaya malah menjadikannya bagaikan tutug oncom, serta membuat tutug oncom jadi khas Tasik. Nasi ini tanpa lauk sesungguhnya telah lezat buat disantap, tetapi pula dapat dimakan dengan lauk pauk lain berbentuk sambal sampai ayam buat menaikkan nikmat nasi T. O.

Rasa originalnya akn terasa gurih yang bercampur dengan pulennya nasi bagaikan bahan utama lain pembuatannya. Apalagi sebab saking enaknya, oncom sudah dibuat secara praktis, sehingga siapapun orang- orang dapat membelinya bagaikan oleh- oleh, serta dapat dimasak kapanpun sebab memiliki energi tahan keawetan yang lama.

Dari ke- 36 catatan santapan khas Jawa Barat sangat lezat tersebut, rasa- rasanya dapat dicoba buat hanya dijadikan pengganjal perut ataupun jadi oleh- oleh sanak kerabat. Dengan kekhasan kulinernya, provinsi dengan semboyan Gemah Ripah Rph Apik dapat jadi destinasi wisata kuliner terbaik. Serta jangan kurang ingat buat berupaya menikmati aneka olahan tradisional yang terdapat pada list di atas, tidak hanya buat merasakan rasanya, hitung- hitung turut melestarikan santapan tersebut.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Wisata Kuliner - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger